Diberdayakan oleh Blogger.

Pemilihan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi

Memiliki buah hati memang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu dan juga orang tua karena dengan memiliki buah hati semuanya akan terasa lebih lengkap. Namun jika Anda memiliki bayi tentu saja harus memperhatikan banyak hal agar kesehatan bayi juga dapat terjaga dengan baik.

Seorang bayi sendiri membutuhkan perhatian yang ekstra, hal tersebut karena seorang bayi belum bisa melakukan segala sesuatu sendiri. Sebagai orang tua tentu saja akan melakukan apapun demi bayinya.

Sebelum bayi tersebut lahir tentu saja seorang ibu pasti sudah mempersiapkan semua hal yang menjadi keperluan bayi, mulai dari selimut, pakaian bayi dan yang lainnya. lingkungan yang sehat serta nutrisi tambahan dan juga kondisi lingkungan yang higenis membuat pertumbuhan dari bayi akan lebih sehat dan juga optimal.

Makanan Yang Banyak Mengandung Nutrisi

Yang menjadi salah satu kebutuhan dari bayi adalah makanan karena makanan tentu saja sangat menentukan daya tahan dan juga pertumbuhan dari bayi itu sendiri. Pada dasarnya bayi akan tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan orang dewasa, selain itu di setiap pertumbuhannya membutuhkan nutrisi yang cukup.

Pertumbuhan yang cukup cepat tersebut membutuhkan asupan nutrisi yang ekstra dan juga makanan yang baik. Makanan untuk bayi sendiri tentu saja harus sehat dan juga segar serta kaya akan nutrisi sehingga nantinya akan dapat membentuk tubuh bayi menjadi lebih sempurna.

Salah satu hal yang harus perlu diingat adalah makanan untuk orang dewasa yang baik belum tentu baik juga untuk bayi. Tubuh bayi sendiri memang seupa dengan tubuh orang dewasa, namun untuk sistem dari jasmani mereka masih belum terbentuk secara sempurna sehingga tetap membutuhkan nutrisi yang ekstra untuk bisa memenuhi pertumbuhan bagi kebutuhan dari sel – sel dan juga sistem dari kekebalan tubuh bayi.

Pada tahun – tahun pertama, sistem dari pencernaan tubuh bayi masih belum kuat sehingga perutnya masih belum bisa mencerna makanan yang diberikan oleh orang tua, sehingga memang sangat tergantung pada susu dari ibu / asi.
Susu dari ibu sendiri merupakan makanan bayi yang mana sangat penuh akan nutrisi serta kaya akan zat dari pembangun sistem kekebalan tubuh bayi. Setelah 9 bulan bayi tersebut lahir, maka giginya akan mulai tubuh dan sampai saat itu bayi Anda masih sangat tergantung dengan susu dari ibu, selain itu pada beberapa kasus, bayi sendiri membutuhkan makanan suplemen yang mana sudah diformulasikan secara hati – hati.

Susu dari ibu / asi sendiri memang mengandung nutrisi yang mana sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi sampai dengan bayi tersebut mampu untuk menggigit. Berbagai macam mineral, karbohidrat, protein, vitamin dan juga lemak yang sangat dibutuhkan oleh bayi bisa didapatkan dari telur, sayuran dan juga makanan yang berasal dari hewani. Namun tentu saja perlu memperhatikan beberapa hal di dalam memilih makanan yang baik untuk bayi itu sendiri.

Perhatikan Makan Yang Dipilih

Di dalam beberapa kasus di mana asi dari ibu hanya sedikit atau bisa jadi tidak keluar, maka tentu saja bayi tidak akan mendapatkan nutrisi dari asi ibu itu sendiri dan akan berubah secara drastis. Untuk sekarang ini memang sudah ada banyak sekali makanan bayi yang mana dijual di pasaran sebagai pengganti dari susu ibu.

Namun tentu saja sebaiknya harus berhati – hati di dalam memilihnya dan ada baiknya juga jika Anda berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu karena untuk makanan bayi sendiri harus disesuaikan dengan kondisi bayi itu sendiri. Dan yang terpenting adalah sudah terdaftar ke dalam BPOM serta Depkes.
Lalu apa saja yang bisa diberikan untuk bayi? Tentu saja yang mengandung nutrisi yang mana nantinya dapat mendukung pertumbuhan dan juga kekebalan dari tubuh bayi.

Pada tahun ke dua, bayi biasanya membutuhkan susu fullcream dan juga keju untuk bisa menyerap mineral dan juga vitamin yang penting, untuk beberapa bayi ada yang alergi terhadap susu sapi, oleh karena itu sebagai orang tua harus mencari pengganti dari susu itu sendiri seperti susu kambing dan juga beberapa jenis makanan yang mana tidak menimbulkan alergi pada bayi.

Tubuh dari bayi sendiri mulai bisa menyerap kalsium yang mana untuk menunjang pertumbuhan dari gigi dan juga tulang sehingga pemberian suplemen berupa kalsium tidak boleh dilupakan, selain itu vitamin B komplek dan vitamin C juga sangat penting karena untuk pembentukan sistem kekebalan dari tubuh bayi.

Beberapa sayuran hijau dan juga protein hewani seperti daging, ayam, ikan dan yang lainnya juga sangat penting untuk diberikan. Bayi sendiri pada awal pertumbuhan membutuhkan asupan kalori yang ekstra sehingga makanan yang  yang mengandung beberapa hal tersebut sangat dibutuhkan.

Pada saat bayi memiliki cukup gigi, maka Anda bisa memberikan nasi, sereal dan juga gandum, selain itu Anda bisa memperbanyak makanan untuk bayi yang direbus dan dihancurkan, setelah itu barulah diberikan kepada bayi.

Demikianlah Pemilihan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam!

0 Responses to “Pemilihan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi”

Posting Komentar